15 Juni 2010

Hilangkan Stress Anak Dengan ASI


Tak hanya mempercepat turunnya berat badan ibu setelah melahirkan serta menambah daya tahan tubuh anak. Air susu ibu atau ASI juga dapat mempengaruhi mental anak.

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti asal Inggris terhadap 9000 anak yang berumur 5-10 tahun. Dari penelitian ditemukan anak-anak yang tidak mendapatkan ASI serta berasal dari orang tua yang bercerai atau berpisah memiliki risiko mengalami kecemasan yang berlebihan 9.4 kali lebih banyak dari anak-anak yang lain.

Sedangkan anak-anak dari orang tua yang berpisah atau bercerai namun mengonsumsi ASI saat bayi, hanya memiliki risiko mengalami kecemasan yang berlebihan sebanyak 2.2 kali dibanding anak-anak yang lain.

Selain kandungan pada ASI yang dapat mempengaruhi anak secara hormonal, sentuhan sang ibu terhadap anaknya saat menyusui sangat baik. Ditunjang kontak mata sang ibu, ternyata sangat berpengaruh terhadap psikologis anak dan perkembangannya.

Saat menyusui, secara tidak langsung sang ibu mengajarkan anak bagaimana cara mengatasi tekanan serta masa-masa yang sulit, dan mendukung anak tersebut dengan interaksi-interaksi yang berlangsung selama menyusui.

Jadi jangan ragu untuk memberi ASI eksklusif bagi buah hati tercinta!
Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
footer